Kesehatan

Perburuk Kesehatan Tubuh, Ini 5 Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi

Perburuk Kesehatan Tubuh, Ini 5 Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi

Makanan yang Anda konsumsi merupakan salah satu pemicu utama dari naiknya kadar kolesterol dalam darah. Makanan yang meningkatkan kadar kolesterol jahat ini umumnya mengandung lemak trans dan lemak jenuh, yang diketahui memang berefek buruk pada kesehatan secara umum. Agar kesehatan tak makin memburuk, baiknya hindari 5 makanan pemicu kolesterol tinggi ini.

  1. Gorengan

Cita rasa gorengan memang menggoda selera, namun pengonsumsiannya secara berlebihan bisa berefek buruk pada tubuh. Gorengan mengandung kadar kolesterol yang tinggi, sehingga baiknya memang Anda hindari pengonsumsiannya. Kandungan kalori dalam gorengan begitu melimpah, begitu pun dengan kandungan lemak transnya, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

  1. Makanan Siap Saji atau Fast Food

Siapa sih yang tak tergoda dengan cita rasa fast food yang lezat, serta visualnya yang menggoda selera? Namun, Anda perlu tahu bahwa di balik kenikmatannya ini, fast food atau makanan siap saji memiliki efek yang sangat buruk bagi tubuh. Fast food merupakan salah satu faktor utama yang meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.  

Orang yang kerap mengonsumsi fast food cenderung memiliki kadar kolesterol yang tinggi, lemak perut berlebih, dan level peradangan yang lebih tinggi. Pengonsumsian fast food pun dapat mengganggu regulasi gula darah atau glukosa dalam tubuh. Mengingat buruknya efek dari makanan siap saji ini, baiknya Anda secara perlahan mengurangi pengonsumsiannya. 

  1. Produk Daging Olahan

Kadar kolesterol yang tinggi juga terkandung dalam produk daging olahan seperti sosis, bakso, nugget, dan kornet. Memang sih cita rasa dari produk olahan daging ini nikmat, namun efek yang bisa ditimbulkannya terbilang buruk. Tingkat konsumsi yang tinggi atas produk daging olahan ini kerap dikaitkan dengan meningkatnya kasus penyakit jantung, serta kanker seperti kanker usus.

  1. Makanan Olahan dengan Cita Rasa Manis

Siapa sih yang tak suka cita rasa manis pada permen, kue kering, ataupun es krim? Namun, dibalik rasa manisnya, makanan olahan ini dikenal sebagai makanan yang tak sehat dan cenderung tinggi kandungan kolesterolnya. Tak hanya itu saja, makanan ini juga mengandung gula tambahan, lemak jenuh, serta kalori berlebihan.  

  1. Makanan dengan Kandungan Garam yang Tinggi

Batasi pengonsumsian makanan dengan kandungan garam yang tinggi, karena bisa memicu naiknya kadar kolesterol dalam darah Anda. Makanan kaleng merupakan salah satu jenis makanan yang diketahui memiliki kadar garam yang tinggi. Dengan menghindari pengonsumsiannya, maka Anda pun bisa mengurangi risiko naiknya tekanan darah.

Makanan merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi naiknya atau turunnya kadar kolesterol dalam darah. Jika ingin kadar kolesterol jahat tak meningkat, maka hentikan atau batasi pengonsumsian makanan pemicu kolesterol tinggi yang telah disebutkan sebelumnya. Jalani hidup sehat bebas kolesterol jahat dengan mengonsumsi makanan sehat setiap harinya.