Lifestyle

Menjaga Kelembapan Bibir & Kulit Waktu Menjalankan Puasa

Menjaga Kelembapan Bibir & Kulit Waktu Menjalankan Puasa

Bibir adalah salah satu anggota tubuh yang dapat mempercantik penampilan. Untuk para wanita, mempunyai bibir merah merona jadi impian. Pasalnya, warna bibir gelap tampak kurang segar dan lembap sehingga banyak orang lebih menyukai bibir pink alami. Lebih dari itu, warna bibir merah juga bisa menunjang penampilan, tampak lebih fresh dan menarik. Masalah bibir yang gelap juga biasanya diawali dengan bibir kering.

Bibir kering bisa ditimbulkan oleh banyak hal, mulai dehidrasi, salah menggunakan lipstik, sampai kekurangan nutrisi tertentu. Mengalami bibir kering pasti sangat mengganggu penampilan, apalagi untuk Anda yang bekerja sering berhadapan dengan klien secara langsung. Tetapi tidak perlu khawatir, masalah bibir kering dan pecah-pecah dapat diatasi dengan mudah. Yuk, simak beberapa cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah di bawah ini.

  • Jangan Sering Menjilat Bibir

Saat bibir kering, kebanyakan orang reflek menjilat bibir atau memasukkannya dalam mulut. Kebiasaan ini dikatakan bisa melembapkan bibir kering lebih cepat. Faktanya, hal ini cuma mitos. Perlu diketahui jika air liur atau saliva dapat menguap dengan cepat, justru bisa meninggalkan bibir yang lebih kering dibanding sebelumnya. Bibir bisa semakin pecah-pecah.

  • Hindari Kebiasaan Gigit Bibir

Tidak hanya menjilat bibir, menggigit bibir juga jadi salah satu kebiasaan yang wajib ditinggalkan. Hal ini karena mengigit bibir bisa menimbulkan trauma yang bisa merusak lapisan pelindung pada bibir. Akibatnya, bibir bisa mudah kering dan pecah-pecah.

  • Penuhi Nutrisi Tubuh

Kekurang zat besi, vitamin B atau asam lemak esensial bisa menimbulkan bibir kering dan pecah-pecah, khususnya pada sudut bibir. Oleh sebab itulah, penting untuk Anda mengonsumsi makanan yang bergizi lengkap setiap hari agar tubuh selalu sehat. Jika perlu, Anda juga bisa minum suplemen multivitamin atau mineral supaya membantu memenuhi nutrisi tubuh. Sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter sebelum minum vitamin.

  • Oleskan Madu untuk Bibir Pecah-Pecah

Anda dapat memakai bahan alami seperti madu untuk bibir kering dan pecah-pecah. Ini karena madu berguna sebagai pelembap alami yang juga mempunyai sifat anti bakteri. Oleskan madu murni ke bibir beberapa kali dalam sehari dan rasakan sendiri perubahannya. Lakukan dengan rutin untuk hasil maksimal.

  • Pakai Lipbalm untu Mencegah Bibir Kering

Salah satu cara agar melindungi bibir dari udara panas dan kering yaitu dengan memakai lipbalm. Selain dapat mencegah, lipbalm juga bisa mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

  • Perhatikan Kebutuhan Cairan Tubuh

Tidak hanya membuat haus, kekurangan cairan tubuh juga dapat membuat bibir menjadi kering. Oleh sebab itu, pastikan agar selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, khususnya bila Anda sering berkeringat atau cuaca di luar panas. Jumlah kebutuhan air untuk setiap orang tidak sama, tergantung dari jenis kelamin, usia dan aktivitas fisik sehari-hari. Tetapi paling tidak minum air 8 gelas per hari untuk mejaga kesehatan tubuh, juga mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

 

Kulit Tetap Lembap Saat Puasa

Kulit kering dan bibir pecah-pecah telah sering terjadi ketika Anda puasa. Tidak cukupnya asupan makanan dan minuman, pola makan yang salah dan jam tidur yang mengalami perubahan bisa berpengaruh terhadap kondisi kulit. Jangan sampai ketika Lebaran, Anda malah terlihat kusam.

  • Cuci Muka Setelah Berkegiatan

Kegiatan ini sangat penting, seringkali Anda lupa untuk cuci muka sebelum tidur, padahal membersihkan muka merupakan bagian paling penting dalam merawat kulit. Hal ini karena bisa menghilangkan bakteri dan kotoran, juga menjaga kesehatan kulit. Namun gunakanlah pembersih wajah yang tidak membuat lapisan kulit rusak. Hal ini dimaksudkan supaya bisa menjaga kesehatan kulit dengan baik dan tidak iritasi.

  • Gunakan Skincare yang Tepat

Jika Anda mempunyai kulit kering, cobalah untuk memakai pelembap dengan kandungan dimethicone, shea butter, sodium PCA, cyclopentasiloxane dan panthenol. Bahan-bahan ini mempunyai kandungan yang sangat baik guna mengatasi kulit kering. Sementara, buat Anda yang mempunyai kulit normal, tidak ada salahnya untuk menggunakan pelembab.

Hal ini dimaksudkan agar mencegah kulit jadi kering. Khususnya saat puasa, kulit muka jadi mudah kering. Sebelum memakai pelembab, ada baiknya Anda memilih produk yang memang sesuai dengan kulit Anda. Untuk kulit oily coba pelembab yang memiliki keterangan bebas minyak atau oil free, serta non-comedogenic.

 

Cukupi Konsumsi Buah untuk Menjaga Nutrisi

Jangan cuma gorengan saja, pastikan buah-buahan ada pada daftar menu yang Anda konsumsi ketika berbuka puasa atau sahur. Buah-buahan segar bisa memenuhi kebutuhan vitamin bagi kulit. Bukan rahasia umum lagi jika buah-buahan memiliki banyak sekali manfaat. Pilih buah-buahan yang banyak kandungan air, karena dapat memberikan cairan yang diperlukan tubuh. Anda dapat mengkonsumsi buah seperti semangka, pepaua, atau stroberi. Menjaga asupan buah ketika puasa bisa membuat kulit selalu lembab saat berpuasa.