Others

 Mengenal Kegiatan E-Commerce Warehousing and Order Fulfillment

Mengenal Kegiatan E-Commerce Warehousing and Order Fulfillment

Dunia e-commerce meroket akhir – akhir ini. Bahkan dunia e-commerce sengaja disediakan untuk masyarakat. Dimana e-commerce mendorong masyarakat untuk melakukan kegiatan wirausaha. E-commerce tidak membutuhkan gedung pertokoan dalam  menjualkan barangnya dan ini menjadi daya tarik berjualan online.

E-commerce merupakan kegiatan transaksi jual beli secara online. Kegiatan ini membantu perekonomian masyarakat lebih baik. Bahkan mendorong masyarakat memiliki usahanya sendiri. Bahkan kini banyak sekali e-marketplace yang menjadi fasilitas kegiatan e-commerce.

Kegiatan e-commerce membutuhkan kecepatan dalam melakukan pengiriman barang. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat dapat dengan cepat menerima barang yang dibeli. Sebab itu, pelaku usaha e-commerce diharuskan cepat dalam melakukan kegiatan packing dan shipping barang. Tetapi, hal tersebut terkadang sulit dilakukan.

Dalam kegiatan e-commerce banyak masyarakat yang membeli barang pada satu penjual saja. Sehingga dalam satu lapak, order barang yang dilakukan membludak. Hal tersebut menyebabkan shipping dan packing menjadi terkendala. Sebab itu, pengiriman yang dilakukan menjadi tersendat.

Pengiriman barang yang tidak lancar menyebabkan masalah pada proses pengiriman. Sehingga barang terkendala sampai di tangan konsumen. Hal tersebut merugikan baik konsumen, penjual hingga e-marketplace. Maka dari itu tersedia e commerce warehousing and order fulfillment dalam membantu pengiriman barang.

Dalam kegiatan transaksi keuangan secara online, kegiatan e-commerce warehousing and order fulfillment sangat penting. Dimana mereka menyediakan fasilitas penyimpanan produk yang dijualkan secara online dan melakukan kegiatan packing dan shipping. Sehingga penjual hanya perlu mempersiapkan barang yang akan dikirimkan saja dan sisanya akan ditangani oleh e-commerce warehousing and order fulfillment.

Keberadaan e-commerce warehousing and order fulfillment membantu kecepatan pengiriman. Dimana e-commerce warehousing and order fulfillment akan melakukan picking terhadap pemesanan. Selanjutnya barang akan dilakukan picking ke penjual terkait. Lalu, ketika pesanan telah dibayarkan proses packing dan shipping akan dilakukan terhadap produk.

Kegiatan e-commerce warehousing and order fulfillment menjadikan proses pengiriman barang lebih cepat sampai ditangan pembeli. Bahkan penjual tidak perlu repot sama sekali. Order dalam jumlah banyak pun akan ditangani oleh pihak penyedia e-commerce warehousing and order fulfillment. Keberadaan warehouse mempermudah proses pendistribusian barang.

Kegiatan e-commerce warehousing and order fulfillment digunakan oleh e-marketplace. Hal ini dikarenakan melalui kegiatan ini e-marketplace akan cepat dalam proses pendistribusian barang. Bahkan e-marketplace membantu penjual dalam mempercepat penyampaian barang. Tentunya ini menguntungkan pelaku e-commerce.

Kegiatan e-commerce warehousing and order fulfillment sangat penting dalam dunia penjualan online. Sebab dapat menghemat waktu pengemasan barang sehingga sampai di tangan pembeli. Kegiatan e-commerce warehousing and order fulfillment dapat mempermudah distribusi dan penyimpanan barang. Pelaku e-commerce dapat menjualkan barang tanpa takut akan tempat penyimpanan barang karena adanya jasa tersebut.