Kesehatan

Makanan yang Bisa Memicu Kolik Pada Bayi

Makanan yang Bisa Memicu Kolik Pada Bayi

Bayi yang baru lahir membutuhkan asupan nutrisi lengkap yang diberikan Tuhan lewat ASI saja. Sebaiknya Anda tidak menambahkan asupan lain untuk si kecil pada awal kehidupan mereka, misalnya susu formula dari susu sapi atau kedelai pun. Sufor khusus bisa diberikan kepada bayi sesuai rekomendasi dokter bila ASI sang ibu mengalami masalah. Selain itu, ibu harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh agar tidak menimbulkan risiko kolik pada bayi.

Makanan yang harus dihindari ibu menyusui

Kolik memang tidak menimbulkan risiko yang membahayakan keselamatan si kecil, tetapi Anda tidak boleh meremehkannya. Pasalnya, kolik pada bayi bisa memicu rewel dan menangis seharian. Biasanya bayi cenderung mengalami kolik pada malam hari yang membuat orangtua ikut frustasi. Alergi atau intoleransi makanan menjadi penyebab utama bayi sering alami kolik. Jika Anda memberikan ASI eksklusif, maka sebaiknya hindari makanan yang bisa memicu masalah intoleransi pada bayi.

Dilansir artikel kesehatan, berikut daftar makanan yang bisa memicu kolik pada si kecil yaitu :

1. Alkohol

Semua ibu harus menghindari alkohol agar tidak menimbulkan masalah pada kesehatan buah hati tercinta. Apapun yang Anda konsumsi akan ikut dikonsumsi si kecil, lho!

2. Minuman ringan

Selain alkohol, jenis minuman yang tidak boleh dinikmati ibu hamil dan menyusui adalah minuman ringan atau soda. Pilih infused water yang terdiri dari buah-buahan dan daun mint bisa memberikan manfaat kesehatan yang lebih penting. Anda juga tidak boleh mengabaikan keberadaan air putih setidaknya 8 gelas per hari demi mencegah dehidrasi diri sendiri dan buah hati.

3. Kopi

Anda pecinta kafein akut, sebaiknya segera hilangkan kebiasaan buruk tersebut. Kopi merupakan minuman yang bisa membuat Anda begadang semalaman, lho! Anda bisa begadang, tetapi si kecil bisa mengalami kolik karena tumpukan gas dalam perut.

4. Makanan pedas

Menikmati seporsi makanan pedas selama menyusui tidak direkomendasikan sebab bisa memicu kolik yang membuat bayi Anda rewel. Perut yang terasa sakit akan membuat bayi Anda menangis semalaman. Hindari makan makanan pedas dan mengandung rempah-rempah terlalu banyak.

5. Jenis makanan tertentu

Ada beberapa sayuran yang harus dihindari selama menyusui sebab bisa menimbulkan penumpukan gas di perut si bayi. Anda harus menghilangkan sayuran kembang kol, kubis, lobak, dan brokoli yang mengandung gas dan serat terlalu tinggi.

Selain sayuran tersebut, Anda juga harus membatasi konsumsi bawang merah dan susu yang berlebihan. Kedua jenis makanan tersebut bisa menyebabkan saluran pencernaan bayi bermasalah, apalagi susu yang telah dipasteurisasi atau mengandung bahan kimia tertentu.

Yuk, hindari konsumsi makanan yang bisa memicu kolik pada bayi mulai sekarang! Jika si kecil tetap rewel dan menangis dengan gejala kolik, maka segera periksakan bayi ke dokter anak terdekat.