Lifestyle

Ingin Beli Mesin Kopi Espresso? Inilah 6 Pertimbangannya

Ingin Beli Mesin Kopi Espresso? Inilah 6 Pertimbangannya

Para pecinta kopi sejati pasti sangat hobi menikmati kopi espresso. Kopi pahit yang lezat ini bisa dihadirkan dengan ekstraksi terbaik menggunakan mesin kopi espresso berkualitas. Untuk menikmatinya di rumah atau kantor, Anda bisa membeli mesin kopi tersebut dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

  1. Mempertimbangkan Tipe Boiler

Poin pertama yang perlu dipertimbangkan adalah tipe boiler karena terkait dengan kapasitasnya. Kapasitas boiler ini menentukan seberapa besar persediaan air seduhan untuk membuat satu cangkir kopi espresso saat di-shoot. Alangkah baiknya, pilih tipe boiler yang kapasitasnya memadai demi ketersediaan air seduhan yang cukup untuk membuat beberapa cangkir kopi.

  1. Memilih Ukuran Mesin Kopi

Ukuran mesin kopi juga harus dipikirkan. Mengingat kebutuhan Anda, pilihlah mesin kopi dengan ukuran yang sesuai agar optimal dalam pemakaiannya. Jika membutuhkan mesin untuk kedai kopi, maka mesin yang ideal adalah tipe 3 atau 4 grup. Sebaliknya, jika membutuhkan mesin kopi untuk pemakaian sendiri di rumah atau kantor, maka mesin kopi tipe 2 grup sudah cukup.

  1. Memilih Desain Group-Head

Group-head adalah komponen penting dari mesin kopi. Kini, tersedia desain terbaru group-head yang bernama saturated group-head dengan segenap variasinya yang fungsinya sangat canggih. Tidak hanya mengatur stabilitas suhu, tipe ini mampu mengalirkan air seduhan dari open neck sampai ke group. Dengan demikian, proses ekstraksi kopi punya seduhan dan kelembutan pas.

  1. Mempertimbangkan Jenis Water Pump

Water pump juga tak boleh terlupakan. Komponen ini sangat penting untuk memastikan ekstraksi bubuk kopi mendapatkan tekanan shot yang pas. Jadi, Anda diharapkan memilih water pump yang lengkap yaitu terdiri atas berbagai tekanan bar. Tekanan ini yang menentukan seberapa banyak crema yang dihasilkan pada lapisan kopi paling atas.

  1. Memastikan Fitur Tambahan

Selain komponen penting di atas, Anda juga perlu memastikan fitur tambahan dari mesin kopi. Salah satunya adalah mode hemat yang mampu mengatur pemakaian daya. Sistem kerjanya adalah dengan mematikan mesin kopi secara otomatis jika tidak dipakai selama kurun waktu tertentu. Fitur semacam ini bisa menghemat pemakaian daya listrik.

  1. Mempertimbangkan Harga

Harga adalah pertimbangan terakhir, namun paling pokok. Setiap akan membeli sesuatu, Anda harus tetap mempertimbangkan harga. Sesuaikan harga produk dengan anggaran belanja yang tersedia. Konsep ini harus diterapkan agar belanja jadi efektif, tidak memangkas anggaran untuk pemenuhan kebutuhan lainnya. Jadi, pilihlah mesin kopi yang harganya sesuai dana yang tersedia.

Memilih mesin kopi espresso memang tidaklah mudah. Berbagai pertimbangan di atas perlu dilakukan demi mendapatkan produk terbaik. Bagaimanapun juga, pembelian produk harus berkualitas agar tahan lama dan pastinya sesuai dengan kebutuhan. Mesin kopi berkualitas akan menghadirkan kopi nikmat yang menggugah selera.