Lifestyle

Cari tahu Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Mobil

Cari tahu Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Mobil

Ganti oli mobil harus rutin dilakukan dalam kurun waktu tertentu meskipun kendaraan tersebut jarang digunakan. Masih banyak orang yang belum mengerti betul kapan sebaiknya oli mobil diganti. Tidak sedikit orang yang berpikiran bahwa ketika mobil telah menempuh jarak 5 ribu – 10 ribu km, maka oli tersebut baru bisa diganti. Ada pula yang berpendapat bahwa setiap enam bulan sekali pemilik wajib mengganti oli kendaraannya dengan yang baru.

Jangan anggap sepele masalah jadwal penggantian ini. Karena penyebab utama menurunnya kualitas mesin kendaraan Anda disebabkan oleh pemilik yang suka menunda-nunda waktu penggantian. Menunda-nunda jadwal yang seharusnya dilakukan sejak lama bisa menyebabkan mesin mobil rusak. Jadi, mari kita cari tahu kapan waktu yang tepat bagi pemilik mobil mengganti item tersebut.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Mobil Anda?

Jika angka yang ditunjuk oleh odometer telah mencapai 1000 km pada mobil keluaran terbaru, biasanya disarankan untuk memperbarui oli segera. Namun ada juga kejadian dimana mobil yang telah mencapai 2500 km akan kembali diminta bengkel resmi untuk servis berkala.

Selama masih belum mencapai angka maksimal, pemilik mobil masih digratiskan atas segala biaya servis, baik itu saat pembersihan atau pembaharuan item. Jika masih dalam keadaan gratis, pergi ke bengkel pun masih bersemangat dan rutin dilakukan. Namun saat lewat masa gratis, jangankan memperhatikan kondisi oli kendaraan, jadwal service berkala juga dilupakan. Padahal, pemilik harus menaruh perhatian lebih terhadap kendaraannya jika tidak ingin cepat rusak. Oleh sebab itu, berikut waktu yang tepat bagi pemilik yang ingin mengganti oli mobil secara berkala.

Sesuai Petunjuk Buku Manual

Saat pembelian mobil baru, umumnya selalu disertakan dengan buku manual. Baca buku panduan tersebut untuk mengetahui kapan waktu yang tepat mobil butuh oli baru. Dari informasi yang didapat dari buku manual ini, waktu terbaik yang direkomendasikan umumnya ketika kendaraan Anda telah sampai pada jarak tempuh 10.000 km

Namun kebanyakannya ketika mobil mencapai jarak tempuh 5.000 km, barulah oli diganti dan ini sesuai anjuran bengkel resmi. Hal tersebut disarankan berdasarkan kondisi jalanan Indonesia yang terkadang sering macet sehingga umur oli berkurang lebih cepat.

Saran terbaik yang bisa Anda ikuti adalah dengan cara membuat patokan dari catatan servis mesin yang memuat jarak tempuh dan tanggal tersebut. Jadi, Anda bisa melakukan pembaharuan oli meski belum mencapai jarak tempuh tertentu sesuai waktu servis yang telah tercapai.

Kekentalan Oli atau Viskositas

Waktu penentu kapan harus servis mesin mobil kesayangan ternyata bisa dilihat dari kekentalan oli. Kekentalan oli bisa dilihat dari tulisan kemasan berupa angka atau kode SAE (Society Automotive Engineering). Tingkat kekentalan komponen mobil tersebut bisa diketahui dari kode angka SAE ini.

Anda bisa mengganti oli berdasarkan kode yang ditunjukkan kemasan, sebagai contoh kondisi oli yang tidak terlalu kental akan ditunjukkan melalui kode 20W-50 dengan rentang  3.000 – 5.000 km. Sedangkan jika angka 10W-40 lah yang ditunjukkan dalam kode berarti dalam rentang 7.500 – 10.000 km, Anda harus melakukan penggantian item tersebut.

Filter Oli Juga Perlu Diganti

Filter oli yang tidak diganti dalam kurun waktu lama ternyata dapat mengakibatkan penurunan kualitas mesin. Jika tidak mengganti filter ini, lama kelamaan komponen akan tersumbat oleh kotoran yang mengendap. Oli tidak dapat bekerja dengan baik akibat dari pengendapan kotoran pada filter ini.

Penggantian filter oli ini umumnya disarankan setelah pemilik melakukan pembaharuan oli sebanyak dua kali. Ada pula yang mengatakan setiap delapan bulan sekali item ini perlu diganti dan itulah waktu terbaiknya.

Cek Kualitas Oli

Terkadang pemilik mobil sering lupa kapan oli terakhir diservis atau diganti. Kejadian ini sering terjadi pada kendaraan second yang jarang memiliki catatan servis. Jika kendaraan Anda mengalami hal serupa, cara mudah mengatasinya adalah dengan memastikan kualitas olinya. Segera servis mobil Anda jika perubahan warna terjadi pada komponen penting tersebut.

Oli Kendaraan Kini sudah Bisa Diganti dari Rumah

Kini oli mobil Anda sudah bisa diganti dari rumah saja. Tanpa perlu repot ke bengkel dan antri panjang, jasa Montir.id siap merawat kendaraan Anda. Mengganti oli memang harus berkala dan tidak boleh ditunda-tunda. Menunda jadwal penggantian item ini bisa membuat kinerja mesin menurun drastis. Jika ingin menjaga performa mesin tetap baik, Anda perlu melakukan pengecekan berkala agar mobil tidak cepat rusak. Tujuan pengecekan dan pembersihan ini supaya pemilik kendaraan tahu kondisi mesin dan jadwal servis yang tepat seperti jadwal ganti oli.