Parenting

6 Fase Perkembangan Anak Usia 4 Tahun di Ranah Kognitif

6 Fase Perkembangan Anak Usia 4 Tahun di Ranah Kognitif

Usia 4 tahun merupakan usia dengan perkembangan kognitif yang cepat. Anak akan mempelajari banyak hal dan semakin luas lingkup pembelajarannya. Saat yang tepat jika anak masuk lingkungan sekolah untuk semakin melatih kognitifnya. Ia akan menemukan hal-hal baru yang disenanginya. Berikut fase perkembangan anak usia 4 tahun di ranah kognitif!

1. Mulai Belajar Menghitung

Anak usia empat tahun akan mulai belajar untuk menghitung angka satu hingga 10 atau lebih. Kegiatan yang menyenangkan baginya yaitu menghitung benda-benda di sekitarnya. Ia mulai memahami caranya berhitung dengan mengurutkan angka. Apapun yang memiliki jumlah, ia akan dengan senang menghitungnya berdasarkan bentuk, warna maupun nama dari benda.

2. Senang Mengidentifikasi Benda

Selain menghitung benda, anak usia 4 tahun juga mulai suka mengidentifikasi benda di sekitarnya. Si kecil asik mengelompokkan berbagai benda berdasarkan warna serta bentuk. Ia juga dapat menyebutkan bentuk dan warna dari suatu benda dengan tepat. Orang tua bisa melatih perkembangan kognitif satu ini dengan cara menyortir benda beda warna atau bentuk.

3. Mulai Belajar Bernyanyi

Anak akan bersenandung lirih jika mendengar lagu kesukaannya. Hal ini akan berpengaruh pada kemampuan menghafal lirik dan irama lagu. Orang tua bisa melatihnya dengan mengajaknya menyanyikan lagu-lagu ataupun membacakan sebuah dongeng untuknya. Kegiatan ini akan meningkatkan kemampuan kognitif sekaligus kemampuan bahasa pada anak.

4. Jelas dalam Pengucapan Kata

Anak mulai bisa menyebutkan nama lengkapnya sendiri dengan benar. Ia juga dapat menyebutkan nama-nama benda di sekitarnya dengan benar. Orang tua dapat melatih keterampilan ini dengan mengajaknya membaca bersama, latih kegiatan rutin dengan membaca agar anak mendapat kosakata baru dan dapat langsung diterapkannya dengan benar.

5. Rentang Fokus Lebih Lama

Usia ini mulai bisa melatih fokus pada suatu hal lebih lama. Ia akan memperhatikan dengan seksama sesuatu yang  menarik perhatiannya. Orang tua dapat melatih fokus anak dengan cara menyebutkan dengan cepat perbandingan sifat. Perbandingan ini seperti besar dan kecil, tinggi dan rendah, jauh dan dekat. Lakukan dengan cepat untuk meningkatkan fokus anak.

6. Mampu Memahami Konsep

Anak sudah bisa mengerti konsep waktu serta urutan dalam rutinitas kesehariannya. Rutinitas seperti sarapan pagi, makan siang, mandi , hingga tidur malam. Ia akan memahami setiap rutinitas kesehariannya. Maka dari itu, latihlah anak dengan melakukan rutinitas yang baik dan disiplin agar dapat dilakukan secara terus-menerus dan membiasakan hal baik dalam sehari.

Itulah beberapa perkembangan anak usia 4 tahun dalam ranah kognitif. Perkembangan lainnya dapat dilihat seperti anak sudah mulai belajar memahami huruf. Maka dari itu, biasanya anak usia 4 tahun merupakan usia anak mulai menapaki taman kanak-kanak. Hal ini agar kemampuan kognitif anak terasah, kemampuan motorik, fisik dan bahasanya semakin mahir.